Sabtu, 18 Agustus 2012

"Dirindukan Surga" Orang yang bersedih akan kepergian Ramadhan

Setiap orang selalu merindukan Surga. Namun pernahkan kita belajar bagaimana agar surga merindukan kita. Selama 11 bulan, Allah telah membiarkan kita sibuk untuk mencari kenikmatan dunia. Hanya 1 bulan Allah meminta kita untuk taat kepadanya. 11 Bulan kita selalu disibukkan
utk bekerja, membaca facebook, membaca kabar diForum, namun pernahkan kita terbesit untuk membaca Al Qur'an ? Pernahkah kita menyediakan 1 bulan full untuk menambah keimanan kita kepada Allah SWT ?


Sesungguhnya Allah juga tetap memberikan berbagai nikmat dan keberkahan bagi umatnya. Selain keberkahan-keberkahan tersebut Allah masih memberikan janji bahwa manusia yang taat menjalankan ibadah dan amalan bulan Ramadhan ini dimasukkan dalam salah satu golongan yang dirindukan surga. Sebagai mana dalam sebuah hadist Nabi Besar Muhammad SAW disebutkan :

Surga rindu terhadap 4 (empat) golongan manusia :
1. Orang yang gemar membaca Al-Quran;
2. Orang yang memelihara lisan dari ucapan yang keji dan mungkar;
3. Orang yang memberi makan yang sedang kelaparan'
4. Orang-orang yang berpuasa di bulan ramadhan.

Golongan pertama adalah golongan manusia yang suka membaca dan mempelajari Al Quran. Sebagaimana nasehat nabi yang mengamanahkan umatnya untuk belajar tanpa peduli umur dari lahir hingga masuk ke ***** lahat. Satu2nya bacaan yg berpahala hanyalah membaca Al Qur'an.
Membaca Al Qur'an dgn lancar maka setiap huruf akan mendapatkan pahala 1. Dan bagi yg belum lancar membacanya akan mendapatkan pahala 2 per huruf.

Golongan kedua, adalah golongan orang yang bisa menjaga lisannya sebagaimana hadist nabi yang berbunyi “Akan selamatlah manusia yang bisa menjaga mulutnya”. Lisan dapat menyebabkan orang saling bemusuhan dan bercerai berai. Maka alangkah baiknya bila bulan Ramadhan ini dapat dimanfaatkan untuk belajar menjaga lisan.

Golongan ketiga yang dirindukan surga Allah adalah golongan orang yang gemar memberi makan orang yang lapar dan berpuasa. Ibadah puasa mengajarkan manusia untuk mengerti dan memahami apa yang dirasakan saudaranya. Memberikan makan kepada orang yg berbuka puasa juga berpahala sangat besar. Sebagaimana Hadits Beliau SAW "Orang yang memberi makan orang yang berpuasa akan memperoleh pahala seperti orang yang puasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang itu."

Golongan keempat yang dirindukan Allah adalah golongan orang-orang yang ikhlas berpuasa di bulan Ramadhan. Sebuah riwayat menceritakan betapa para sahabat nabi merasa sedih dan menangis karena akan ditinggal bulan Ramadhan. Para sahabat tersebut berdoa agar bulan Ramadhan dapat berlangsung sepanjang tahun. Dengan riwayat tersebut dapat disimpulkan betapa besarnya berkah dan anugrah yang ditawarkan Allah melalui bulan Ramadhan.

Pada akhir bulan Ramadhan pula Allah meningkatkan obral pahalanya, sebagaimana diterangkan dalam sebuah ayat yang berbunyi “Dalam sebuah malam di akhir bulan Ramadhan, Allah menurunkan malam yang lebih baik dari 1000 bulan”. Malam tersebut adalah malam Lailatul Qodar.

“Kapan tepatnya malam lailatul qodar itu adalah kuasa Allah sepenuhnya, kita sebagai hamba haruslah yakin dan percaya untuk bersungguh-sungguh dan mengupayakan dapat bertemu dengan malam lailatul qodar di setiap malam,”.

Subhanallah... Manfaatkanlah Ramadhan ini sebaik-baiknya. Mungkin Ramadhan ini adalah Ramadhan terakhir bagi kita.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar